Sabtu, 03 Januari 2015

meresensi sebuah buku

Motivasi untuk para Pemimpin
Judul resensi buku di atas yaitu “Motivasi untuk para Pemimpin” yang di ambil dari buku “The Leadership Wisdom dengan sub judul Inspirasi untuk Meningkatkan Potensi Kepemimpinan Anda”. Buku ini di karang oleh bapak Paulus Winarto yang di terbitkan oleh Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia – Jakarta dengan tebal buku mulai dari halaman I-XII dan 1-226. Buku ini di cetak sebanyak tiga kali yaitu cetakan pertama pada bulan Maret 2005, cetakan kedua bulan Maret 2006, dan cetakan ketiga bulan Oktober 2008.
Buku ini ditulis oleh Bapak Paulus Winarto. Beliau adalah pemegang 2 rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni sebagai pembicara seminar yang pertama kali berbicara dalam seminar di angkasa dan penulis buku yang pertama kali bukunya diluncurkan di angkasa, dalam penerbangan Jakarta-Bangkok, 4 April 2005. Beliau adalah putra kelahiran Sorong, tanah Papua, 17 Agustus 1975 banyak menimba ilmu kepemimpinan dari guru kepemimpinan Dr. John C. Maxwell. Beliau disertifikasi dan terlibat aktif dalam program Million Leaders Mandate yang diadakan oleh EQUIP (organisasi yang didirikan Dr. John C. Maxwell) untuk menciptakan satu juta pemimpin di seluruh dunia.
Beliau adalah alumnus jurusan Teknik Kimia dari Universitas Khatolik Parahyangan Bandung dan pernah berkarya sebagai wartawan, praktisi public relation dan praktisi pemasaran.  Beliau dijuluki sabagai “manusia kompleks” oleh guru marketing yaitu Hermawan Kartajaya. Beliau juga dikenal sebagai trainer, pembicara seminar, dosen, tamu di berbagai perguruan tinggi, dan penulis sejumlah buku motivasi dan pengembangan diri best seller. Beliau mendirikan lembaga pelatihan nonprofit HOT MINISTRY dengan target 100.000 anak muda di negeri ini agar dapat menjadi generasi yang membawa dampak signifikan bagi kemajuan bangsa. Moto hidupnya adalah “Hidupmu akan terus berBUAH sepanjang engkau memiliki hubungan dengan Yang Mahakuasa, bersedia untuk senantiasa berubah kea rah yang lebih baik dan mendapatkan dukungan orang yang tepat”.
Beliau telah banyak sekali menulis buku, diantaranya “Be Strong, First Step To Be An Entrepreneur, The Power Of Hope, Ketika Ia Menyapaku, Hidup yang Berbuah, Melejit Diusia Muda, Melangkah Maju Dimasa Sulit dan masih banyak lagi buku yang telah di tulis oleh beliau yang kebanyakan isinya berupa motivasi untuk para pembacanya.
Buku ini memberikan berbagai motivasi bagi para pemimpin untuk mencapai sebuah kesuksesan serta mencapai tujuan yang diinginkan. Seseorang yang ingin menjadi sukses butuh perjuangan yang sangat keras, jika jatuh dan tidak bangkit lagi maka itu bukan dari sebuah kesuksesan namun keputusasaan. Berikut Ini terdapat beberapa contoh motivasi bagi para pemimpin untuk menjadi sukses yang ada di dalam buku tersebut, seperti Kepemimpinan adalah pengaruh. Jadi maksut dari motivasi tersebut adalah seorang pemimpin membawa pengeruh besar terhadap bawahannya, jika seorang pemimpin tidak bekerja dengan baik maka apa yang diinginkan tidak akan pernah tercapai apalagi unutk kesempurnaan, karena itu semua sangat jauh. Untuk tercapainya sesuatu juga memerlukan kerjasama antar tim, jika tidak tejadi kerjasam antar tim yang baik maka hal itupun tidak akan pernah terwujud.

Sebenarnya isi dari buku ini sangat bagus dan baik, mulai dari segi cover, gambar, sampul buku sangat baik dan rapih. Buku ini sangat baik sekali karena berisi mengenai motivasi agar seseorang yang telah jatuh dalam menngapai sesuatu hal yang diinginkan dapat bangkit kembali setelah membaca buku ini.  Banyak hal yang di dapat setelah membaca buku ini seperti memotivasi dirinya sendiri, dapat memotivasi orang lain, menjadi lebih semangat untuk menggapai sesuatu hal yang diinginkan dan masih banyak hal laiinya. Namun, hal yang sedikit disayangkan yaitu terdapat cerita pendek yang kemudian dilanjutkan dengan motivasi tanpa penjelasan sama sekali, jika seseorang tidak membacanya dengan cermat dan teliti maka ia tidak akan tau makna dari motivasi tersebut. Seharusnya sedikit dijelaskan makna dari motivasi tersebut agar para pembacanya dapat mengerti makna tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar