Sabtu, 17 Januari 2015

Mensiasati Kebaya

Siapa bilang kebaya itu norak? Kebaya merupakan pakaian tradisional yang khas bagi perempuan Indonesia. Sebelum masuknya kebaya ke Indonesia, wanita tradisional  hanya mengenakan pakain bermodel  kemben yang digunakan untuk pakain sehari-hari. Pada dasarnya kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh para wanita pada zaman dulu, dimana kebaya terbuat dari bahan yang tipis yang dipadukan dengan kain batik atau dengan pakaian rajutan tradsional lainnya seperti songket dengan motif wana-warni. Pada jaman modern ini siapa sih yang tidak mengenal  kebaya???
Salah satu karya Indonesia ini memang selalu menjadi primadona, khususnya untuk para wanita, tidak hanya dibumi pertiwi, akan tetapi desain kebaya yang cantik dan elegan juga telah membius mata dunia. Zaman dahulu kebaya hanya  dapat dipadukan dengan kain batik, akan tetapi kebaya yang  dimodifikasi  sudah dapat dipadukan dengan jins ataupun rok. Kebaya sering dikaitkan dengan banyak momen kemasyarakatan yang mencirikan nilai tradisional dan nasionalisme, seperti sebagai pakaian pernikahan, pakaian pertemuan (formal) dan juga acara penting lainya. Beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih atau membuat kebaya:
  1. Jika anda ingin membuat kebaya, ada baiknya disesuaikan dengan kantong anda,
  2. Anda bisa membeli yang sudah jadi untuk memudahkan anda atau bisa juga memesan pada penjahit kebaya,
  3. Jika ingin terlihat feminim, bisa menggunakan model kebaya modern yang simple dan sederhana,
  4. Bagi anda yang memiliki dada kecil, anda dapat menyiasatinya dengan menambah detail  atau payet pada bagian depan,
  5. Untuk anda yang mempunyai tubuh kurus, cocok untuk menggunakan kebaya dengan gaya kerah sanghai dan tambahan payet.
Apabila kita pandai dalam menyiasati gaya dan model  kebaya yang akan kita kenakan, maka kebaya bukanlah sesuatu yang norak, akan tetapi kebaya akan mejadi aset besar bagi wanita Indonesia supaya terlihat cantik dan elegan tanpa mengurangi ciri khas sebagai wanita Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar